Halaman

Rabu, 04 September 2019

Warga Jakarta Wajib Tahu! Ternyata di Kawasan Ini Terdapat Kampung Tematik Persis Seperti Kota Malang Loh

Assalammualaikum.Wr.Wb
www.mildaini.com_ Warga Jakarta Wajib Tahu! Ternyata di Kawasan Ini Terdapat Kampung Tematik Persis Seperti Kota Malang Loh.Kalau kamu pernah berkunjung ke kota Malang, Jawa Timur berarti kamu sudah pernah mendengar atau bahkan berkunjung ke kampung warna-warni yang dikenal pula sebagai kampung Tridi. Lokasinya yang berada persis di tepi sungai Brantas itu nyatanya telah dikunjungi lebih dari 400 wisatawan setiap harinya. Belakangan ini muncul pula kampung tematik di Jakarta yang serupa seperti kampung Tridi loh. Berada di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, kampung-kampung ini menyediakan berbagai fasilitas yang pastinya mengedukasi dan cocok untuk dikunjungi saat liburan singkat. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini: 
foto koranjakarta.com

Kampung Literatur
Kampung yang menyediakan beragam buku bacaan untuk warga sekitar ini masih erat kaitannya dengan Universitas Bina Nusantara (Binus) yang berada tidak jauh dari kampung tersebut. Dengan mengusung konsep tematik, ibu-ibu dan seluruh warga kampung literatur diberikan pelatihan keterampilan dan juga diajarkan untuk hidup bersih. 
Konsep tematik dipilih sebagai salah satu upaya yang dilakukan pemkot setempat untuk meningkatkan kualitas lingkungan rumah tinggal dan prasarana dasar. Konsep ini juga pernah digunakan di beberapa kota seperti Semarang dan Tangerang. 
Kampung Warna-Warni
Lokasinya yang berada di Kelurahan Jatipulo, Palmerah ini terlihat sangat menawan pada malam hari. Pasalnya hiasan lampu warna-warni dan beberapa spot foto instagramable yang ada di kampung itu justru menghilangkan kesan kumuh disekitar daerah Jatipulo sendiri. Kampung warna-warni di Jakarta Barat ini bukanlah kampung pertama yang dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta. 
kampung warna-warni Sunter. Foto Guide.com
Sebelumnya di kawasan Kamal Muara, Jakarta Utara juga disulap menjadi kampung warna-warni demi meninggalkan kesan kumuh di kawasan tersebut. Dengan bantuan warga sekitar, kampung warna-warni di kawasan Kamal Muara langsung disambut baik dengan banyaknya pengunjung yang sekedar ingin berswafoto disana. Kawasan Kamal Muara mnejadi pionir dalam menciptakan kampung warna-warni yang selanjutnya diikuti beberapa daerah lain di Jakarta Utara seperti Gang Nangka, Papanggo Tanjung Priok dan Kampung Anies-Sandi. 
Kampung Mural
Dengan menggandeng sejumlah supporter Persija yaitu The Jak, kampung yang berada di Kembangan Utara, Jakarta Barat ini ditujukan kepada para remaja yang ingin menyalurkan kreatifitasnya. Selain di kawasan Jakarta Barat, kampung mural juga berada di kawasan Kota Tua, Penjaringan, Jakarta Utara. 
Konsep yang digunakan di kampung mural itu adalah Jakarta Tempo Doeloe. Kehidupan masyarakat Jakarta tempo dulu terpampang jelas melalui mural yang Digambar seniman-seniman berbakat, mulai dari menumpangi becak, bermain petak umpet, dan pertunjukkan ondel-ondel. Pengerjaan mural di kawasan Penjaringan tidak hanya hasil tangan seniman saja, melainkan ada pula Pemprov DKI yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan cat. 
Kampung Terang

Kampung Terang adalah kampung hasil kolaborasi rakyat sekitar kota Bambu Selatan, Palmerah Jakarta Barat dengan PT PLN. Kampung yang terletak persis di belakang Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita ini semakin meninggalkan kesan unik lantaran adanya sederatan payung yang tergantung rapi untuk melindungi lampu hemat energi. Tidak hanya itu saja, kampung terang juga dihiasi mural-mural bertemakan suasana laut dengan rimbunnya pohon kelapa yang dibuat di tembok-tembok gang serta jalanan aspal kampung tersebut. 
Itulah sekilas cerita mengenai keunikan dari kampung-kampung yang berada di kawasan Jakarta. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita mendukung dan membantu program pemerintah untuk menciptakan kesejahteraan hidup di Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Informasi lainnya seputar berita terbaru kota Jakarta bisa kamu baca di https://www.cekaja.com/info/tak-perlu-ke-malang-di-palmerah-juga-ada-kampung-tematik/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar