Halaman

Senin, 05 Agustus 2019

Teman Asik Begadang Selain Kopi

assalammualaikum.Wr.Wb

Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam. Mengapa kita harus cukup tidur? Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. 

Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur. Tidur akan merileksasikan pikiran Anda. Sehingga ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antaratujuh sampai delapan jam sehari. Orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap harinya beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke.  


Sedangkan orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap harinya merupakan gejala awal terjadinya gangguan kesehatan. Jadi lebih baik Anda tidur secara seimbang antara tujuh sampai delapan jam, tidak kurang dan tidak lebih karena pengaruhnya yang besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Ciri Fisik Orang Begadang,ciri-ciri fisik dalam tubuhnya, misalnya saja adalah wajah yang lesu, kantung mata menghitam dan berkantong, dan mata merah.

Penyakit yang muncul akibat begadang,Obesitas, Diabetes Mellitus, Jantung, Hipertensi, Insomnia. Mundul berbagai ganguan pada fungsi kulit dan gangguan pada fungsi kekebalan tubuh.

Alasan Seseorang Begadang

1. Kerja Lembur
2. Kerja shift malam
3. Makan terlalu banyak
4. Insomnia
5. Terlalu asik bermain
6. Jet Lag

Lalu,  ketika terpaksa begadang, apa yang harus dilakukan untuk tetap terjaga terus selain minum kopi. Memang minum kopi dipercaya dapat membuat mata tetap melek dan terjaga terus. Apa benara begitu adanya? 

Apa saja kandungan kopi yang bisa membuat orang tetap melek. Saya kutip dari swivelcoffee.com. Ada delapan senyawa atau kandungan zat penting pada kopi tersebut. 

1. Kafein
Kafein yang merupakan salah satu senyawa dalam kopi juga terkandung di dalam biji, daun dan juga buah tanaman lain. Kopi menjadi salah satu jenis tanaman dengan kandungan kafein yang sudah sangat sering dikonsumsi manusia selain teh. Kafein sendiri diklasifikasikan kedalam drug dan terbukti aman untuk dikonsumsi dalam dosis tertentu.

2. Quinic Acid
Rasa asam yang ada pada kopi akan ditentukan dengan jumlah quinic acid yang juga merupakan salah satu senyawa pada kopi. Kadar quinic acid dalam setiap jenis kopi juga berbeda beda yang juga digunakan dalam dunia kedokteran sebagai bahan untuk membuat obat flu.

3. H2O
H2O atau air juga menjadi senyawa pada kopi yang tidak bisa dipisahkan. kandungan kimiawi dalam kopi ini juga sangat penting bagi tubuh sebab 70% bagian tubuh terdiri dari air. Meskipun begitu, kandungan air dalam kopi ini terkadang sudah berkurang karena proses pengeringan pada biji kopi. Akan tetapi kandungan air yang ada dalam kopi juga tetap menjadi bagian dari senyawa kimiawi dalam biji kopi.

4. Ethyphenol
Senyawa pada kopi ini merupakan zat yang memberikan aroma khusus pada kopi. Zat ini juga serupa dengan tar dan juga mengandung pheromone didalamnya.

5. Dicaffeoylquinic Acid
Senyawa pada kopi ini merupakan antioksidan yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas. Meski kadar antioksidan dalam biji kopi ini memang tidak setinggi tanaman obat lain, namun kopi sudah menjadi sumber antioksidan yang sangat banyak dikonsumsi masyarakat seluruh dunia.

6. Dimethyl Disulfide
Dalam biji kopi yang masih hijau dan belum dikeringkan serta disangrai, senyawa pada kopi yakni dimethyl disulfide ini juga tinggi kadarnya dalam biji kopi. Zat tersebut yang membuat tinja manusia berbau seperti bau dari senyawa sulfur.

7. Trigonelline
Trigonelline yang merupakan salah satu senyawa pada kopi ini sangat berguna untuk melindungi gigi. Meski peminum kopi umumnya memiliki warna gigi agak hitam karena zat tersebut, namun senyawa ini akan melindungi gigi sehingga tidak mudah berlubang.

8. Niacin
Senyawa pada kopi ini sebenarnya memang kurang begitu baik untuk tubuh sebab bisa menyerap beberapa jenis vitamin yang ada didalam tubuh. Untuk itulah, minum kopi dianjurkan tidak melebihi dari 3 gelas per hari agar kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam berbagai proses tersebut tidak hilang terlalu banyak karena kopi.

Senyawa tersebutlah yang diyakini bisa membuat orang menjadi kuat begadang sepanjang malam. 

Namun, ada yang mengatakan efek kopi ini akan bekerja efektif jika kita meminumnya mepat jam sebelum akam begadang. Jadi minum kopi pada saat akan mulai begadang atau sepanjang malam menemani Anda begadang akan kurang nendang.

Lalu, kopi yang bagus untuk mendukung begadang itu adalah kopi hitam atau kopi murni, bukan kopi yang sudah diolah dengan berbagai campuran dan bahan.

Akan tetapi hal ini, balik lagi ke personal untuk efeknya. Setiap orang akan  berbeda-beda reaksinya saat minum kopi. 

Teman  Begadang Selain Kopi

Saya bukan penikmat atau candu kopi, namun saya juga tidak menolak jika disuguhi untuk meminum kopi. Sajian kopi yang sering saya buat dalam bentuk kopi susu. Saya termasuk yang tidak bisa minum kopi racikan yang dijual bebas. Saya bisanya minum kopi hitam. Dengan sedikit kopi saja, asal airnya sudah berubah hitam. Sudah, jadilah itu kopi.

Nah, kalo ditanyakan apa teman saya selain kopi saat begadang. Selain minuman, terutama air mineral hangat, saya suka camilan coklat, lalu film Indonesia. Jadi saat saya begadang, suara film nasional itu menjadi teman saya di kesunyian malam.

Posisi meja kerja saya untuk ngetik membelakangi televisi, jadi saya hanya mendengar suaranya saja. Kalo ada adegan yang ingin saya tonton, meski ini berkali-kali. Saya stop dulu ngetiknya, lalu badan saya memutar menghadap televisi.

Beberapa film Indonesia yang standbye menemani saya begadang adalah,AADC 2, Cinta lelaki Biasa, Sweet 20, Cahaya Cinta Pesantren. Untuk film Cahaya Cinta pesantren ini biasanya saya putar kalo saya juga kangen dengan kakak nawra yang ada di pondok. 

Ada juga film Keluarga Cemara, Ku Lari Ke pantai, Surga yang tak Dirindukan 1 dan 2. Dan beberapa judul lainnya. Meski film lama saya tetap suka nontonnya. Pokoknya sik deh. 

Kalo saya bosan atau malas memutar film-film tersebut. Palingan saya membuka channel Citra Televisi yang biasanya berisikan FTV sepanjang masa. Di Channel ini tidak ada iklannya. Jadi saya berasa seolah sedang memutar film seperti yang saya sering lakukan kalo sedang begadang.

Saya tidak bisa begadang tanpa suara ayau dalam kesunyian. Malah membuat saya bisa mengantuk.

Kalo kamu, apa teman kamu begadang selain minum kopi…berbagi yuk! 

Referensi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar